Sunday 20 July 2014

Kriteria Cewek Nikah-able

Hoaaamm... *keluar dari dalem mulut naga*

Sorry guys, bulan ini gue baru ngeposting sekarang (bodo amat, Bal). You know-lah kalo sekarang bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan ampunan. Di bulan ini, gue jadi lebih rajin ibadah kalo menjelang siang hari (baca: tidur siang). Itu nggak recommended lho, hanya buat orang-orang selo aja (macam gue gini). Semisal ada kerjaan lain kayak disuruh ngepel genteng sama emak lu, mending lu ngerjain itu aja daripada tidur. Inget ini bulan puasa juga, nolongin emak kan dapet pahala. Lanjut, akhirnya waktu kondusif gue buat nulis adalah malem hari. Gue ngerangkainya sedikit demi sedikit, dari emperan toko satu ke emperan toko lainnya (apaan sih ni).

Oke next, yang diatas tadi abaikan. Berhubung ini bulan suci Ramadhan, gue menyadari di bulan ini banyak banget hal-hal berbau romantis-autis syariah gitu, dan sukses bikin gue jadi ngiri (jomblo sih jomblo, tapi jangan ngenes-ngenes amat napa). Nih gue sebutin beberapa hal yang bikin gue ngiri. Contohnya, ada se-onggok pasangan yang saling ngebangunin sahur, ada juga yang buka puasanya bareng, terus sholat tarawihnya juga bareng (Sholat tarawih kan emang barengan. | Maksudnya berangkat ke mesjidnya, tutup sirup.), ada juga yang sehabis sholat Subuh jalan-jalan pagi sama pasangannya. Lah gue cuma bisa mlongo ngliatin mereka, sambil baca ayat kursi (Tujuannya biar mereka cepet berlalu. Kalo tetep nggak berlalu, bukan cuma ayatnya, tapi ntar gue lemparin se-kursi-kursinya ke mereka.). Tapi yang gue maksud bikin ngiri disini bukan pasangan yang ngejalanin hubungan "tanpa ikatan" (walau sebenernya, itu juga bikin gue ngiri sih, tapi dikit) lho ya. Yang gue maksud adalah yang udah halal secara agama dan sah secara negara sebagai pasangan (contohnya: pengenten baru *aseek*). Kenapa yang gue pilih adalah penganten baru, bukan yang pacaran? Jawaban gue simpel, gue nggak mau yang mainstrim, gue nyari yang beda karena gue mau hidup anti-mainstrim, yang nggak orang lain pada kerjakan. Kalo elu pada mikir gue kebelet nikah, gue jawab, nggak juga (untuk saat ini lho walaupun keinginan itu tetep ada, tapi dikit) sih, gue masih terlalu belia (halah, minggat-o neng posyandu, Bal). Itu perlu pertimbangan matang, perlu nata uang, nata kerjaan, sama nata hati juga (semacam alasan klasik jomblo).

Berhubungan dengan alasan klasik diatas, itu bikin gue cuma bisa sekedar ngebayangin aja. Terus di dalem bayangan childish gue sekarang ini, gue sering mikir nih kapan bisa unyu-uyuan bareng istri gue (sorry numpang curhat, soalnya nggak ada tempat curhat lain selain blog *mode jujur activated*). Enak juga kali ya kalo pas sahur yang bangunin istrinya (Ayo, yah, sahur dulu, hampir imsak loh. | Zzz... *gue tetep ngorok*), terus kalo mau buka puasa udah ada yang nyiapin (Ayah, mau buka puasa pake apa? | Pake senyum bunda aja, udah cukup kok. *siram kolak*), sama berangkat sholat tarawihnya juga barengan (Bun, kita tarawih di masjid Al-Huda ya? | Loh itu kan jauh, yah? | Nggak apa-apa, biar ayah bisa jalan kaki sama bunda lebih lama. (--,) *nek iki lebay*). Well, itu semua sekedar imajinasi kekanak-kanakan gue aja yang kadang sering nyasar masuk kedalem otak gue (Ya lu jomblo sih, makanya apa aja masuk ke otak lu, Bal. | Njiiir..). Dan kenyataannya, pasti nggak akan semudah dan segampang itu, tanpa ada beban realitas, tanpa tekanan keadaan. Tapi disamping itu, kayaknya tergantung orang yang ngejalanin juga sih ya? Aah, entahlah...

Kita sisihin dulu persoalan romantis-autis syariah diatas, kita next ke topik selanjutnya (yakali si topik di bawa-bawa, entar emaknya nyariin lagi). Enaknya ngebahas apalagi nih, guys? Oo, iya ini aja. Tadi gue ngoceh masalah istri-istri gitu kan diatas? Nah, gue disini punya kriteria cewek yang yang cantiknya minta dihalalin alias nikah-able buat dijadiin istri (tujuannya ngebantu aja sih, kalo udah punya kriteria sendiri ya syukur). Gue kasih tujuh kriteria cewek nikah-able, soalnya ini bulan ketujuh dari duabelas bulan didalem kalender gue (nggak deh tau kalo di kalender lu).

1. Pinter masak
Yang pertama adalah pinter masak. Kenapa kriteria cewek yang pinter masak gue taruh pertama? Soalnya menurut gue, cewek yang pinter masak itu cantiknya nggak akan luntur dunia akhirat. Apalagi dia yang masakin suaminya di rumah, asli bikin ngiri tuh istri. Hahaha, itu pandangan absurdnya. Yang pandangan seriusnya (eh, serius udah bubar kan kayaknya?), menurut gue kalo seorang cewek (baca: istri) bisa masak, seenggaknya dia bisa ngon-trol (gue kasih garis supaya lu kagak salah baca aja) apa aja yang dikonsumsi suami dan anak-anaknya dirumah. Jadi kesehatan mereka tetep terjamin (macam iklan sabun mandi aja nih). Terus kalo dipikir-pikir, so sweet juga ya misal ada pasangan masaknya berdua gitu. Hmm, bisa dicoba nih besok (mulai... mulai, childishnya keluar). Lanjut, sebenernya nyari solusi dari masalah bisa masak atau nggak bisa masak itu, nggak susah-susah amat. Kalian nggak perlu pake ritual-ritual mandi kembang tengah malem segala cuma buat ngedapetin resep makanan, girls. Cukup Gugling aja, simpel kan? Disana, resep menu makanan dari jaman reptil berkuasa, ada semuanya (kalo yang ini Insyaallah, nggak berani jamin gue). Lalu, buat ngedapetin soul atau jiwa dari masak itu sendiri, terus sama ngedapetin taste atau rasa makanan yang khas menurut racikan tangan kalian, kalian musti sering-seringin trial and error, atau istilah yang Emak gue bilang harus sering-sering masak (bahasa gue udah kayak komentator Master Chef belom nih?). Itu kriteria pertama yang gue saranin mblo (ini relatif kok, kan istri, istri elu juga) karena sebenarnya, seaslinya, dan sejujurnya gue adalah pecinta masakan rumah. Dan bagi gue, cewek yang bisa masak itu, istimewa. Asik.

2. Bisa Nyuci
Kriteria yang kedua, cewek yang nikah-able menurut gue yaitu harus bisa nyuci (bukan jiwa pembantu lho ini). Kalo masalah beginian, beda-beda sih ya pendapat tiap orang. Ada yang mending di-loundry, ada juga yang lebih milih jasa pembantu buat nyuciinnya. Tapi, iya kalo si cowok (baca: suami) punya uang lebih, kalo nggak? Jujur nih, gue salut sama cewek (baca: istri) yang mau nyuciin baju suaminya. Contohnya, gue salut sama Emak gue sendiri. Alasan gue bisa salut sama cewek (baca: istri) yang bisa dan mau nyuci, itu karena "se-pengetahuan gue (kadang juga bisa salah lho ya)", rata-rata cewek sekarang nggak mau kerepotan, atau anti sama detergen (katanya ngerusak tangan ato apalah itu), ujung-ujungnya nge-loundry. Kalo enggak, ya pake jasa pembantu. Hell-o? Sekarang bukan jaman batu, girls. Nggak perlu pake acara pergi ke sungai sambil bawa-bawa cucian segala. Sekarang udah ada alat berteknologi muthakhir yang diciptakan para ilmuan Asia, Eropa, dan Amerika. Alat berteknologi mutakhir itu biasa disebut, mesin cuci. Lu tinggal masukin baju kotornya, lu kasih detergen, masukin air, lu puter tuh tuas durasi yang bikin mesinnya muter, kucek bentar sambil dibilas, terus lu masukin ke pengering (tapi jangan lupa, dicolokin ke listrik dulu kabelnya). Kalo alasannya nggak mau repot, alasannya bau keringet, jijik, itu nggak fair. Kasihan suami lu yang udah capek-capek nyariin duit, lah lu cuma ngucek bajunya aja ogah. Lagian lu ngucek, juga ngucek baju suami lu sendiri kan? Selain ntu, keuangan keluarga juga bisa dihemat. Yang harusnya duit buat nge-loundry, bisa ditabung. Yang harusnya buat bayar jasa pembantu, bisa buat nyenengin anak-anak lu. Buat yang nggak punya mesin cuci, disini nggak bakal gue jelasin. Gue nganggep elu-elu pada udah legend levelnya kalo mau nyuci. Soalnya, agak berat juga sih kalo nyuci nggak pake mesin cuci (curhat dikit, anak kos soalnya). Kriteria kedua ini, biasanya buat cowok (baca: suami) yang nggak suka kalo ceweknya (baca: istri) kerja keluar rumah atau istilahnya jadi wanita karir. Si cowok (baca: suami) ini nggak suka kalo bajunya di cuciin orang lain (contohnya: gue). Tapi, balik lagi ke elunya juga. Kalo lu nggak risih pakaian dalem ato sempak lu itu dicuci sama seorang pembantu atau peng-loundry, ya terserah lu sih. Lu punya hak kok, semua nggak mutlak. Hahaha. Next, mblo.

3. Berpikiran terbuka
Kriteria cewek yang minta dihalalin ketiga adalah yang punya pikiran terbuka. Yang berpikiran terbuka gini, kadang susah dicarinya. Kalo yang berpakaian terbuka sih banyak (nada-nada iklan obat nyamuk semprot). Elu juga udah pada ngerti lah ya? Kadang nih, cewek-cewek dari pendidikan yang tinggi pun belum tentu punya pikiran yang terbuka. Contohnya gini, semisal ada cewek yang sekolah sampe tinggi banget (sampe nyundul bintang tuh kayaknya), terus dia nikah (sama cowok lah pastinya). Si cowok (baca: suami) ini nyuruh dia buat nggak jadi wanita karir, dan nyuruh si cewek (baca: istri) buat tinggal di rumah dengan alasan untuk ngerawat, ngedidik, sama ngasih afeksi ke anak-anaknya. "Sebagian (sebagian lho iki, sebagian)" cewek pasti menyayangkan sekolahnya yang tinggi tersebut. Ada juga yang berpikiran, nyesel sekolah tinggi-tinggi kalo akhirnya cuma dirumah. Bagi gue, itu cewek yang nggak punya pikiran terbuka atau istilah halusnya, belum bisa berpikir terbuka. Masih ngeliat dari satu sisi aja. Semestinya, kalo dia seorang yang berpikiran terbuka, dia akan lebih mengikuti saran si cowok (baca: suami) buat tinggal dirumah, sekalipun dia telah berpendidikan tinggi. Si cewek itu pasti akan beranggapan, dengan dia tinggal dirumah, dengan kepandaian ilmu yang dimilikinya, dia akan lebih intens dalam membimbing dan mengajari anak-anaknya, serta mengajari tetangga dan lingkungan sekitarnya. Itu yang kadang nggak dimiliki setiap cewek. Nah, terus buat elu-elu yang masih single, bisa dipertimbangkan juga nih tipe cewek beginian. Emang susah sih ya nyarinya (gue juga ngerasain soalnya), tapi kalo lu bisa dapetin, gue salut gila sama lu, mblo. Hahaha.

4. Manage-able
Selanjutnya adalah cewek yang manage-able. Ini maksudnya bukan anak manajemen ato yang sodaraan sama jurusan begituan. Manage-able disini maksudnya, bisa memanage keuangan rumah tangga (alah bahasamu, Bal). Artinya, macet ato berjalannya keuangan suatu keluarga, ditentuin oleh seorang cewek (baca: istri) (ini konteksnya, si cewek bukan wanita karir lho). Kalo si cowoknya (baca: suami) nyari duit, nah tugas si cewek (baca: istri) nih yang ngerancang keuangannya. So sweet nggak tuh? Fyi aja nih, itu semuanya gue belajar dari emak sama babe gue. Emang sih, gue juga menyadari kalo masalah keuangannya agak berat kalo yang kerja cuman satu orang. Tapi dibalik itu, gue tau maksud babe gue nggak ngebolehin Emak ikutan kerja jadi wanita karir, yaitu supaya bisa ngawasin, ngedidik, sama ngelimpahin kasih sayang keluarga buat anak-anaknya. Terus bagi gue nih (kalo bagi elu mah terserah), gue kurang suka aja ya sama cewek (baca: istri) yang pagi-pagi udah berangkat kerja terus nggak ngejalanin kewajibannya sebagai seorang ibu ngurusin anak-anaknya berangkat sekolah. Apalagi sampai lalai ngurus suaminya mau berangkat kerja, nggak suka gue (tenang, ini relatif sob, pendapat lu boleh beda kok). Pendapat gue, kita emang nggak bisa hidup tanpa uang, itu pasti. Tapi uang bukan segalanya buat ngedapetin apa itu kehidupan. Iya kan? Semisal si cowok (baca: suami) kerja, dan si cewek (baca: istri) juga ikutan kerja, bisa dibilang sih ekonomi keluarganya diatas rata-rata lah ya? Tapi gimana dengan perhatian anak-anak? Siapa yang bisa ngejamin mereka? Mengontrol mereka? Terus siapa yang ngenalin kasih sayang keluarga pada mereka? Si pembantu? Pengasuh? Apa itu yang dinamain tujuan kehidupan? Bagi gue nggak. Itu keegoisan. Semestinya, orang tua nggak boleh mentingin ego masing-masing. Nah, dari sini gue tau sebab kenapa Tuhan ngasih otot dan akal yang lebih buat cowok, sedangkan ngasih hati dan perasaan yang lebih buat cewek. Bagi cowok, otot dan akalnya digunain buat nyari cara, nafkahin keluarganya. Dan bagi cewek, hati dan perasaannya digunain buat ngedidik anak-anaknya, hingga tumbuh jadi dewasa. Disisi lain, seorang wanita karir juga mempunyai "kemungkinan (tenang, masih kemungkinan kok)" mengalami keretakan hubungan rumah tangganya dibandingkan dengan wanita yang mengurusi anak-anak dengan penuh kasih sayangnya. Tapi balik lagi ke awal, ini nggak mutlak kok. Gue juga bisa salah. Dan lu berhak nentuin kriteria istri idaman lu sendiri. Lanjut, mblo.

5. Maternal-instinct
Oke, yang kelima, cewek nikah-able itu harus punya maternal-instinct atau naluri keibuan. Disini gue percaya setiap cewek dibekali naluri keibuan sama Tuhan (kecuali yang enggak). Tapi level atau kadar dari maternal-instinct tiap cewek, pasti beda-beda (macam kripik singkong aja, ada levelnya segala). Gue ngambil contoh, seorang Emak (setiap Emak, adalah seorang wanita. Tapi setiap wanita, belum tentu bisa jadi seorang Emak). Biasanya naluri seorang Emak, ditunjukin dalam bentuk kasih sayang. Ada Emak yang nunjukkin kasih sayangnya itu secara lisan dan terang-terangan, terus ada juga Emak yang nunjukkin kasih sayangnya lewat perbuatan tapi nggak diucapkan. Tapi intinya, tiap Emak pasti sayang sama anak-anaknya, dan itu tulus (bukan si Tulus penyayi itu lho). Gue singgung sebentar arti kata 'tulus'. Menurut KBBI (nek ra ngerti, KBBI kuwi Kamus Besar Bahasa Indonesia), tulus memiliki arti, dengan sungguh-sungguh; tidak berpura-pura; suci (kayak nama pacar temen gue nih). Dan bermakna, benar-benar keluar dari hati yang suci. Dari seklebet penjelasan gue ntu, ya elu-elu pada bisa nyimpulin lah arti tulusnya kasih sayang dari seorang emak. Contoh simpelnya nih, seekor induk atau Emak singa, nggak mungkin makan anak-anaknya sendiri. Dia pasti akan nyari buruan buat dimakan. Malahan, buat dikasih ke anak-anaknya. Jadi bisa dibayangin kan, makhluk Tuhan yang nggak dikasih akal aja bisa mikir lewat perasaan (baca: insting) (wohh, piye kuwi mikir metu perasaan, Bal), kemudian mewujudkannya dengan tulus dan sayang sama anak-anaknya, apalagi kita sebagai manusia yang punya akal, yang bisa mikir, yang dikasih hati (kadang suka heran sama Emak yang tega ngebuang anaknya di jalanan, itu makhluk apaan, binatang aja nggak sampe segitunya). Oke mblo, gue nyaranin naluri keibuan ini harus ada di kriteria lu (kecuali kalo dasarnya lu emang suka cewek psikopat). Soalnya kalo lu nikah sama cewek yang anti sama anak-anak (baca: kaum feminis), lu bakal gontok-gontokan buat ngasuhnya. Padahal, melimpahkan kasih sayang dan mengajarkan arti keluarga, berasal dari seorang cewek (baca: istri). NB: suka sama cewek yang keibuan itu, bukan berarti lu suka sama ibu-ibu (kadang, orang sering salah nangkep aja kalo nggak di gamblangin). Oke, lanjut.

6. Humoris
Selanjutnya yang keenam, kriteria cewek nikah-able adalah humoris. Kriteria yang ini sih sebenernya selera sama akal-akalannya gue aja ya. Soalnya gue suka becanda orangnya, suka jail juga. You know lah kalo misal gue ngejalanin hubungan rumah tangga sama cewek yang hidupnya terlalu banyak drama? Gue ngebayangin bakal saling lempar sendok, dan lempar piring tiap hari. Saling siram pake air pembersih lantai, sama air pemutih pakaian. Terus nih ntar didalem rumahnya dibikin benteng. Yang benteng suami di utara, yang benteng istri di selatan. Terus anak-anaknya jadi korban lalu berusaha keluar dari semua kekacauan itu, broken home lah jadinya (ini apaan sih, childishnya keluar deh). Oke, itu cuma selingan kok. Bagi gue cewek humoris itu lucu aja (tapi bukan yang suka kelewatan becandanya). Contoh gini, lu abis pulang dari kerja tuh, lu capek ngadepin kerjaan di kantor, terus kalo lu punya cewek (baca: istri) yang suka humor, entar lu bakal di hibur sama dia (*mode childish activated*).  Nah sebenernya kalo yang beginian ntu, lu sesuaian aja sama tipe lu, mblo. Misal lu sregnya sama cewek yang serius, ya itu hak lu juga kok. Yang penting lu ngerasa nyaman aja. Nah. Lanjut.

7. Setia
Yang terakhir, cewek nikah-able itu punya kriteria setia. Mungkin, elu pada heran kenapa setia gue taruh dibawah sendiri. Apa mungkin bagi gue setia itu nggak penting? Atau jangan-jangan gue baru marahan sama si setia (absurd lu, Bal)? Waaa, jangan salah mikir dulu mblo, gue emang sengaja naruh kriteria ini di bawah sendiri. Alasannya, sebagai puncak dari semua kriteria-kriteria diatas (halah ngeles). Nah, kalo cewek yang setia gini, tinggal jeli-jelinya elu buat ngamatin. Lu teliti secara mendetail sampe ke kuku jari tangan dan kakinya (buat yang selo aja kalo ini). Terus mblo, kalo lu mau ngeliat cewek itu setia ato nggak, jangan dari parasnya. Efeknya entar jadi bias atau ilusi. Semisal lu cuma liat dari parasnya aja, lu bakal kena suatu sindrom yang gue namain, fake-beauty syndrome. Itu gue temuin bersama beberapa peneliti dunia lho (seperti Jamal Hammadi, Rudy Hadisuwarno, dan rekan lainnya). Cara kerja dari sindrom tersebut adalah, langsung menyerang di bagian mata hati lu. Lu jadi nggak bisa ngeliat dan ngebedain mana cewek yang setia, mana cewek yang cuma manfaatin lu semata. Obat secara medis untuk sindrom fake-beauty ini, belum ditemukan sih dan masih jadi penelitian di London Research Institut. Namun sebenarnya, ada obat alami untuk menghentikan sindrom fake-beauty ini (gue dapetin waktu meneliti ke hutan Amazon sekalian mampir ke pedalaman Zimbabwe) , yaitu berasal dari hati lu sendiri. Penyakit hati, hanya bisa disembuhin oleh hati itu sendiri dan kemauan diri (abaikan aja yang penelitian bangke gue ini, kagak usah pada percaya). Oke, balik ke benang merah lagi. Terkadang, yang cantik pun belom tentu bisa setia. Bisa jadi karena Tuhan ngasih kecantikkan di parasnya itu, terus disalah gunain sama dia buat nyombongin diri, akhirnya pasangannya jadi sering gonta-ganti (siap-siap dikeroyok temen-temen gue nih). Intinya mblo, lu jangan kejebak aja sama kecantikan (udah macam kakek-kakek nasehatin cucunya belom nih gue?). Udah gitu aja.

Dari kriteria cewek nikah-able yang udah gue ocehin diatas tadi, tentu kriteria yang paling penting dari kesemuanya adalah religion (sing ndesa, religion ki artine agama). Misal nih ketujuh kriteria itu masuk semua di cewek lu, tapi Tuhan dari cewek lu itu beda sama Tuhan punya lu. Terus lu mau gimana? Ngejalanin kayak di novel dan cerita cinta pencuci mindset? Elu nggak bisa mencintai sambil hidup bareng, sama cewek yang berbeda agama, meski kemungkinan itu tetep ada. Yang harus lu tau, LDR (Love Different Religion) itu sakit, seriusan (lagu-laguan lu, Bal, kayak pernah aja). Jadi buat kalian mblo, gue nggak ngelarang, cuma nyuruh pertimbangin matang-matang buat ngejalanin hubungan kedepannya sama cewek yang berbeda agama. Gitu. Next.

Masih seputar pasangan. Gue pernah denger dosen gue, sebut saja namanya Unggul (nama samaran sekaligus nama sebenarnya *ampun lho, pak*) bilang gini waktu ngajar di kelas, kalo hidup berpasangan itu ibarat segelas teh manis. Awal-awal lu nyeduh teh manis, lu masih bisa ngeliat bentuk dan wujud dari gula di dalem gelasnya (kecuali kalo lu beli gula cair atau gula bubuk). Nah, itu sama juga kayak pasangan yang baru nikah, yang masih suka beda pendapat, beda pemikiran, mentingin ego sendiri, masih sering beradu-mulut (maksudnya cek-cok lho, bukan adu mulut yang itu). Itu hal wajar (katanya dosen gue, soalnya gue belum pernah ngerasain). Karena semakin lama teh itu diaduk, semakin nggak keliatan juga wujud dari gulanya tersebut. Dari sini gue nangkep, bener juga nih kata dosen gue kalo pertentangan antar pasangan itu wajar. Tujuannya buat ngelarutin apa yang ngedongkol dipikiran masing-masing. Dan itu butuh waktu, juga komitmen yang kuat. Lanjut nih, kalo gulanya udah larut, pasti nggak bakalan keliatan tuh wujudnya. Tapi kalo lu cicipin, manis kan rasanya? Disitu letak seni berpasangan. Nggak percaya? Tanya aja sama yang udah nikah lama. Jadi, pasangan yang udah sampai level god (level dewa), ngejalanin suka-duka bersma, berbagi haru dan tawa, itu baru namanya sejatinya cinta (bukan kayak yang di pilem-pilem ato FTV macam begono). Kalo udah larut, wujud dari gula itu sendiri nggak bakal keliatan. Dalam artian, bukan menghilang tapi menyatu, dan itu nggak bisa dipisahin lagi (Buat yang selo, kalo lu mau coba, lu bisa bikin teh manis kasih gula. Kalo gulanya udah larut semua, lu pisahin lagi keduanya.). Menyatu disini itu berarti, udah sama-sama saling mengerti dan saling memahami. Istilah Jawanya udah jadi, garwo (sigaraning nyowo atau belahan jiwa). Yang ngerti si cowok (baca: suami), cuma si cewek (baca: istri). Dan yang paham sama apa aja yang jadi keinginan si cewek (baca: istri), hanya si cowok (baca: suami). Itu untuk hal apapun. Kalo pasangan yang udah lama ngejalanin hidup bersama, pasti ngerti konsep ini. Terus nih, yang bisa misahin mereka berdua, cuma Tuhan aja. Gitu. Oke, jangan terlalu tegang bacanya, inget lu juga punya saraf. Rileks dulu, renggangin otot-otot mata lu yang mulai mengejang noh. Lagian ini cuma blog sampah kok, jangan diserius-seriusin amat lah.

Terlepas dari semua itu, gue sadar nggak ada cewek yang sempurna, yang bisa kita tuntut buat kayak gini, atau harus seperti ini. Gue juga banyak kekurangannya, banget malahan. Kita bukan hidup didalam game The Sims mblo, kita nggak bisa milih karater sesuai selera kita. Kita hidup didalam realita. Yang kalo kata temen gue bilang, "Hidup itu kayak diperkosa." (itu nggak sahih kayaknya, jangan ditiru juga). Mau atau nggak mau, suka atau nggak suka, dan walaupun harus dengan terpaksa, tetep harus kita terima apa adanya dengan lapang dada (ehm.. Farah Quinn). Jadi intinya, yang harus ada dari setiap kita adalah sikap saling melengkapi, saling menyempurnakan, dan saling mengisi kekurangan antar pasangan (wejangan klasik dari jaman Arjuna masih pacaran sama Cinderella). Bagi gue, itu yang namanya cinta. Itu yang namanya bahagia. Itu yang namanya hidup.

Oke, jujur gue udah capek ngetik nih tulisan (meskipun masih ada banyak hal yang pengen gue obrolin). Di MS word, ini ada 6 page (sampe bawah sendiri). Ocehan terbanyak yang pernah gue buat (gayamu, cah). Gue juga percaya elu udah pada capek bacanya. Sambil nye-croll gitu di blog gue. Mungkin lebih baik gue udahin aja kali ya (nggak usah sedih fans, bisa kita lanjutin lain hari kok)? Gue ingetin lagi, di blog gue ini, gue nggak punya maksud mengotori kepala kalian dengan isi kepala gue atau pemikiran gue. Kalo lu mau terima, ya terserah lu. Nggak lu terima, ya itu hak lu. Gue cuma berbagi, apa yang udah gue lewatin di dalem hidup gue. Terus kalo ada yang tersinggung, gue minta maaf. Kalo lu minta penjelasan, ketemu aja sama gue (cah selo).

Nah, di paragraf terakhir ini, gue mau nyampein pesan (ini pesan, gue khususkan buat diri gue sendiri dan gue umumkan buat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan) dari postingan ini (gaya mu ki lho, Bal). Oke, pesan pertama buat yang masih single dulu aja nih (single juga punya hak untuk di dahulukan), dari apa yang udah gue omongin diatas sampe mulut gue berbusa (ini di ketik, Bal), moga aja itu semua bisa ngebuka mata elu kalo fisik bukan jaminan buat ngeraih kebahagiaan. Masih ada hal lain yang perlu untuk jadi pertimbangan. Bijaklah dalam melangkah, mblo (sekali-kali peduliin jomblo ah, maklum mereka-mereka nggak pernah ada yang peduliin). Terus kalo buat yang udah punya pasangan (entah yang halal atau yang ngaku-ngaku halal), jangan sampai gara-gara abis baca blog gue terus elu mutusin cewek lu, cuma karena cewek lu itu nggak masuk kayak kriteria diatas. Entar gue yang dapet dosanya (nggak kasian lu sama gue?), entar juga ini jadi blog maksiat dong. Solusinya, ya kalian gimana caranya jangan nyari-nyari kekurangan masing-masing. Berusaha aja saling mengisi satu sama lain. Berusaha buat saling melengkapi. Kalo pedoman hidup lu itu, "Nggak ada yang sempurna di dunia", lu bakal ngerti apa itu arti bahagia (yaelah, bocah bau air ketuban aja sok-sok nasehatin lu, Bal). Itu aja postingan gue kali ini, kalo elu masih pengen kocak-kocakan bareng gue, ngikut kacau-galau sama gue, sama berbagi pengalaman, lu tinggal follow twitter gue aja di "@balcethut" (halah, promosiii..). Next time, kalo ada hal menarik buat di ocehin, buat di omongin, dan buat di bangke-bengkein, Insyaallah bakal gue posting lagi. Bye.

No comments:

Post a Comment